Technology and Network

TariMancanegara

by Unknown , at 19:47 , has 0 Comment


1. Pengertian Tari Mancanegara

Seorang pakar penari dari mancanegara yang bernamaCharlotte Bara mengemukakan seorang penari mancanegara mengungkapkan penghayatannya sebgaipenari ialah bahwa tari adalah sebagian dari arus air, cepat lambat seakan takberubah, berkembang tak bergerak pada permukaan yang ada aliran dibawahnya. Ia selalu bergerak, bukan bayangan, bukan karangan, bukan lukisan, ia adalah manusia yang bergerak.Seperti halnya tari diIndonesia, ragam gerak seni tari mancanegara juga dibedakanmenjadi dua, yaitu seni tari klasik dan seni tari kerakyatan.Senitari klasikdidukung para kaum bangsawan, terpelajar, dan kapitalis. Oleh karena itu, ragamgeraknya banyak menggunakan garis-garis lengkung yang lemah gemulai serta gerakpatah-patah yang lembut. Sedangkan ragam gerak seni tari kerakyatan didukungoleh kaum buruh dan para pekerja, sehingga ragam garis yang muncul adalah gerakcepat, dinamis, dan romantis.

2. Jenis Tari Mancanegara

• Tari Nasional, adalah puncak-puncak seni tari daerah lain atau kreasi baru yang bernapaskan nasional.
• Tari Internasional, misalnya : balet, tari modern, atau tari bangsa-bangsalain. Tari bangsa-bangsa lain, seperti: tari Spanyol, tariIndia, tari Jepang,atau tari kreasi yang bernapaskan internasional.
• Tari Kontemporer, adalah sebuah tarian yang masih bersifat sesaat atausedang proses dikenalkan pada masyarakat. Makabentukkontemporer belumtentu kalau masyarakat pendukungnya mau menerima.
• Tari Modern, adalah suatu jenis tari dunia yang lahir di Amerika, kemudianberkembang ke negara-negara lain.Tari modern selalu berpijak pada kenyataan duniawi, bertumpu pada kebebasankreativitas individu, tanpa sepatu guna mendekati kewajaran keindahan kaki, danpendeknya ke bumi tempat berpijak. Hal ini berbeda dengan balet yang dalamperkembangannya semakin menjauhi tema kenyataan duniawi yang memang sesuaidengan ideal dan teknik tariannya. 

3.Macam-MacamTarian Mancanegara

1. Tarian Negara Kamboja.Gerakannya lambat, seperti menghipnotis, mencerminkan gerakan tarian dariNegara Kamboja. Tubuh penari harus fleksibel dan seperti tak bertulang.2. Tarian Samba, Brazil.Gerakannya cepat dan seperti halnya tarian dari Amerika Selatan, mereka memilikiakar dari Afrika dan Karibia.3. Tari Bali, Indonesia.Di Bali, pelajaran menari diberikan secara terbuka sehingga semua orang dapatmenyaksikannya. Pengajar tari bali tak hanya mengajarkan gerakan tari Bali, namun juga membetulkan posisi badan agar tercapai bentuk yang sempurna. 4. Tarian Jepang.Gerakannya anggun dan biasanya mementingkan unsur simetris. Tarian Jepang takhanya ditarikan oleh kaum muda saja, melainkan juga oleh kaum tua.

5. Tarian Limbo, Afrika Barat.Penari limbo tak hanya menunjukkan kemahirannya menari, namun jugamencampurnya dengan gerakan akrobatik. Mereka harus bisa melewati kayu denganmelenturkan tubuh ke belakang. Makin mahir, mereka membakar kayu yang akandilewati.

6. Tari Balet.
Seni tari modern bersifat abstrak universal. Masing-masing seniman tarimodern mengembangkan teknik, idealisme, dan kreativitasnya sendiri-sendiri.Kata ‘modern’ di sini bukan predikat melainkan suatu kategori aliran tari.Untuk belajar tari balet, memerlukan waktu yang panjang agar bisa menguasaiteknik-tekniknya. Dalam balet klasik, penari harus memiliki stamina kuat dangerakan yang ditarikan harus terlihat anggun.
http://htmlimg2.scribdassets.com/6olpx6fykg1285z9/images/4-2de805d633.jpg

7. Tari Tonga.Tarian yang berasal dari pulau Pasifik ini menarikan puisi yang dibuat berdasarkanmitos dan legenda. Misalnya, jika puisi tersebut menggambarkan bunga, penarimengayun-ayunkan tangannya seolah angin yang membawa wanginya bunga. PenariTonga biasanya berdiri atau duduk, dengan menggerakkan tangan dengan anggun.8. Tari Kathak, India.Tarian dari India ini sangat enerjik dan penarinya dengan lihai dapatmengembangkan tarian dengan gerakan kaki dan tangan mereka. Penari akanberkomunikasi dengan pemusik seiring tariannya berlangsung.9. Tari Tiwi, Australia.Tarian yang berasal dari suku Aborogin, Australia ini dipertunjukkan dengangerakan yang kuat, dimana setiap pergantian gerakan harus dilakukan dengantepat sesuai pukulan alat musik.10. Tari Flamenco, Spanyol.Tiga komponen penting dalam tarian Flamenco adalah nyanyian, tarian dangitar. Awalnya tarian ini hanya dipertunjukkan dengan tepukan tangan dannyanyian yang mengiringi tarian. Baru belakangan ditambahkan gitar sebagaipelengkap.
http://htmlimg2.scribdassets.com/6olpx6fykg1285z9/images/5-426c8fac0b.jpg

11. Tari Haka, New Zealand.Pada jaman dulu, suku Maori di New Zealand biasa menarikan tarian Hakasebelum berperang dan sesudah memenangkan peperangan. Kini, tim rugby NewZealand melakukan hal yang sama sebelum memulai pertandingan.12. Tari Buffalo.Tarian yang muncul di abad 19 ini dilakukan sebelum suku Blackfootmelakukan perburuan. Tarian ini dipercaya sebagai penghormatan terhadaphewan yang akan mereka buru (buffalo=kerbau).13. Tari Morris, Inggris.Tarian ini dipertunjukkan dalam festival-festival. Dulu hanya laki-laki yangmenari Morris, namun sekarang semua orang menarikan tarian ini. Biasanyakostum yang mereka pakai adalah baju putih, topi dengan hiasan bunga, danselempang dua warna yang disematkan bel kecil. Mereka juga membawatongkat kecil atau sapu tangan.
http://htmlimg4.scribdassets.com/6olpx6fykg1285z9/images/6-23489c476f.jpg

14. Tari Domba, Afrika Selatan.Tarian ini diperuntukkan bagi gadis yang menjelang dewasa.15. Tari Jawa, Indonesia.Penari Jawa harus elegan dan anggun, melambangkan spiritual dankebijaksanaan kerajaan.16. Tari Kipas, Korea.Penari kipas dari Korea menggunakan kipas yang besar dalam berbagai warna.Lalu mereka menyatukan kipas mereka dan menggerakkannya secara teraturmengayun ke atas dan ke bawah.17. Tari Yunani.Tarian ini biasanya berbentuk lingkaran terbuka. Penari berpegangan tanganatau merangkul pinggang, atau bahu kemudian berputar-putar sambilmengangkat kaki mereka.18. Tari Naga, China.Dalam mitologi China, naga menggambarkan kegagahan, keningratan dankeberuntungan. Tari naga digunakan untuk mengusir setan dan membawakeberuntungan bagi semua orang. Penarinya memiliki kemampuan bela diri.

 
3. Fungsi Tari MancanegaraPada dasarnya fungsi tari baik itu tariNusantaramaupun tari mancanegara hampirsama, yaitu :
• Tari sebagai media pergaulan, artinya adalah bahwa kegiatan ini sebagaiinteraksi antarpencipta seni.
• Tari sebagai hiburan, pada dasarnya tari ini tidak bertujuan untuk ditonton,tetapi tarian ini untuk kepuasan penarinya. Keindahan tidak dipentingkan,melainkan lebih mementingkan untuk kepuasan individual, sehingga tampakbersifat spontanitas.
• Tari sebagai pertunjukkan (theatrical dance), tari jenis ini adalah tari yangdisusun sengaja untuk dipertontonkan, maka dalam penyajiannyamengutamakan segi artistiknya, penggarapan koreografi yang baik serta temadan tujuan jelas.Tari sebagai pertunjukkan bila ditinjau dari penggarapannya dan kadartontonannya ada dua macam, yaitu : concert dance,show dance, show dance biasanya dipentaskan dengan tujuan hanya sekedar untukmemeriahkan resepsi atau acara tertentu.4. Ragam Gerak Tari MancanegaraRagam gerak tari mancanegara disesuaikan dengan para pendukungnya, sehinggaragam gerak yang muncul menjadi pembeda sosial budaya masyarakat negaratersebut.

1.      Ciri khas gerak tari macanegara
Ragam gerak tari yang didukung oleh para pekerja atau buruh biasanyaberirama cepat, dinamis, dan romantis karena dilakukan di tempat terbuka.Ragam gerak yang muncul adalah gerak saling merespons dan mengisi ruangansehingga para penarinya berpasang-pasangan membentuk formasi melingkar,menyudut, dan berbanjar.Ragam gerak yang muncul di kalangan para bangsawan berirama lembutmengalun sehingga muncullah gerak dengan garis lengkung dengan tumpuan jari yang kuat (balet). Kaum bangsawan pun mengembangkan gerak tariballroom danceyang tetap bergaya lembut, romantis, dan saling memelukberdekatan.

2.      Ciri khas iringan, tata rias, dan tata busana tari mancanegaraBentuk musik pengiring tari
mancanegara, biasanya berupa alat-alattradisional khas negara tempat tarian itu lahir atau pun alat musik modernuntuk jenis-jenis tarian yang lebih baru. Tata rias dan busananya pundisesuaikan dengan ciri khas negaranya masing-masing.
TariMancanegara
About
TariMancanegara - written by Unknown , published at 19:47 . And has 0 Comment
Bck
Cancel Reply
Copyright ©2013 Itech Network by
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Powered by Blogger